HERCULES : THE LEGENDARY JOURNEY & XENA WARIOR PRINCESS

Anak anak 90an pasti tau dong serial, ini. . Di bintangi oleh Kevin sorbo sebagai Hercules dan Michael Hurst sebagai Iolaus. Di produksi oleh, Pacific Renaissance Pictures Ltd yang di miliki oleh Rob Tapert dan Sam Raimi (sutradara Spiderman), serial ini mengambil lokasi syuting di Selandia baru dan Amerika. tayang di amerika sejak 1995 hingga 1999 dan tayang di indonesia sekitar tahun 1999.Film seri ini tayang rutin setiap hari minggu pukul 09.00 Wib, walau sempat putus di entah season berapa, namun akhirnya sambung lagi hingga tamat.

Cerita dari film seri ini, menggunakan latar belakang dan tokoh-tokoh dari mitologi romawi/yunani. namun film seri ini digabungkan dengan berbagai tambal sulam cerita, komedi slapstick dan drama, guna menambahkan ketegangan dan tentu saja lebih komersil, sehingga film seri ini bisa dianggap sebagai hiburan daripada kajian sejarah.

di season awal dan ditegaskan di setiap opening, di ceritakan musuh terbesar Hercules adalah ibu tirinya sendiri, Hera. Setelah season berikutnya, adapula Ares sang dewa perang dan pada season ke 5 datang juga Dahak.

serial ini sukses dan digemari di era 90an, selain selalu mendapat rating tinggi hingga mencapai season 6, serial ini juga berhasil menelurkan 5 buah film TV (edisi spesial) diantaranya

1. Hercules and the Amazon Women

2. Hercules and the Lost Kingdom

3. Hercules and the Circle of Fire

4. Hercules in the Underworld

5. Hercules in the Maze of the Minotaur

salah satu episode yang paling menarik buat gue adalah

episode : Yes, Virginia, There is Hercules

dimana ceritanya di zaman sekarang, los angeles, sedang di guncang gempa bumi. sehingga syuting serial Hercules terhenti, ditambah lagi sang aktor Kevin sorbo tiba-tiba menghilang. maka sang produser Rob Tapert, diperankan Bruce campbell (evil dead) bersama penulis cerita tim kreatif dan seluruh kru harus putar otak guna mengatasi masalah ini, semisal membuat serial baru yang tidak perlu adanya kevin sorbo seperti membuat serial hercules di masa muda dengan mengusung aktor baru Young Hercules, atau membuat kartun berjudul Hercules animation, ada juga posisi kevin sorbo yang diganti dengan seekor kera. hahahaha sungguh episode yang sangat lucu dan kreatif sekal.

selain itu ada juga sebuah Spin-off yang juga gak kalah sukses dengan serial utama HERCULES : THE LEGENDARY JOURNEY, seorang karakter wanita dari salah satu episode Hercules yaitu :

XENA WARIOR PRINCESS

XENA dipernakan Lucy Lawless, adalah karakter fiktif rekaan Rob tapert, seorang kesatria yang bertualang di dunia mitologi yunani/romawi bersama Gabreielle, sebagai side kick-nya (seperti Iolaus nya Hercules) untuk mendapatkan ampunan dari dewa akan kekejamanya sebagai panglima perang di masa lampau.

bersenjatakan kelincahan, keahlian bermain pedang dan tentu saja senjata spesialnya Chakram. sebuah senjata lempar berbentuk gelang besi yang mampu kembali ke pemiliknya bak bumerang.

meski XENA merupakan Spin-off dari serial HERCULES yang tayang di RCTI, XENA menuai suksesnya di indonesia dengan tayang di SCTV. saking suksesnya XENA bahkan dibuatkan game untuk konsol Playstation one yang keren abis di taun 1999.
nah berkat ke dua serial ini, dunia televisi 90an akhirnya mulai diserang oleh serial bertemakan fantasi dan mitologi seperti serial The new adventure of Robin hood dan The Adventures of sinbad.

1 komentar: