NES, KONSOL IMPIAN AWAL 90an


Nintendo entertainment system (NES) adalah Game console 8 bit produksi Nintendo jepang, kalo di tempat gue lebih terkenal dengan nama Tendo (singkatan dari Nintendo). Pertama kali di rilis di jepang taon 1983, dilanjutkan amerika dan eropa taon 1985, masuk ke indonesia mungkin sekitar 1988an.

meski produk taon 80an, tapi NES tetep gak bisa dipisahin dari kehidupan masa kanak-kanak generasi 90an. pada era ini lah NES menjadi barang impian setiap anak-anak pada waktu itu. meski pada masa itu ada juga konsol game selain NES namun NES berhasil memonopoli pasar game di karenakan mereka bersedia membuka pintu kepada pengembang pihak ke tiga untuk membuat game untuk NES.

walau punya NES, kita gak bakal bisa main tanpa adanya catridge (biasa di bilang kaset), media penyimpan game NES, yang musti di colok ke dalam NES. Satu catridge biasanya berisi satu game, namun semakin berkembang teknologi penyimpanan, bentuk catridge menjadi kecil dan bersi lebih dari satu game, ada yang 3 in 1 ampe 999 in 1.

nah ada lagi nih yang bikin NES menjadi semakin menarik, yaitu sebuah peripheral berupa joystick Pistol laser yang bisa digunakan untuk game shooting macam Hogans alley atau Duck hunt, yeah tembak! tembak!

Waktu itu NES termasuk barang mahal, yang punya NES biasanya anak-anak tajir. nah bagi yang kekurangan alias ekonomi menengah ke bawah dan kesamping seperti gue, biasanya hanya cukup menikmati sang empunya NES main, ngiler di belakang pengen megang joystick (pencetan). Namun ada juga beberapa pemilik NES yang berbaik hati menyewakan NES mereka jam-jaman, setelah melihat banyaknya jumlah penonton (baca : anak-anak miskin yang ngiler pengen main), standarnya 500-1000 / jam. hahahahah rela deh gak jajan buat maen nih konsol.


beberapa game yang hits pada di NES adalah :

1. Super Mario Bros
berperan sebagai Mario atau luigi, kita harus berpetualang untuk menyelamatkan pricess Toadstool yang di culik sama king Koopa (bowser). Melintasi 8 level (atau sering di sebut stage), yang masing masing Level nya memiliki 4 sub level.
Selama pejalanan panjang, mario dan luigi harus berhadapan dengan berbagai macam musuh diantaranya Goombas si jamur jahat, kura-kura rabies, tanaman pemakan daging, ikan piranha ampe peluru meriam. namun tenang aja banyak power up yang mapu mendukung kelangsungan hidup jagoan kita, kayak Jamur, Jamur 1up dan bunga api yang mampu membuat Mario cs mampu melontarkan bola-bola api.

2. Duck Hunt
Game Shooting pertama yang kumainkan, dalam game ini tugas kita adalah menembak sebanyak-banyaknya bebek2 liar yang berkeliaran di sebuah areal dengan rumput yang panjang, satu semak dengan satu pohon (tempatnya itu2 aja deh), di bantu oleh seekor anjing kurap yang bakal ngenangkap semua bebek yang kita tembak jatuh, dan bakal ngetawain kita apabila bebek kita terbang dan lepas.

Kalo gw lagi kesel, Pengen aja nembak kepala tu anjing yang lagi ngikik (lebih mirip anjing bengek), masa majikannya gak dapat bebek... eh, dia malah ngikik! overall menghibur dan menguji kecermatan dan ketepatan mata kita.


3. CONTRA
Game tembak2 an paling populer di jamannya, 2 orang jagoan (satu celana merah bolong di tengah, sama celana biru bolong di pantat, dan gak suka pake baju) harus menghancurkan sebuah pulau yang telah di kuasai alien, dengan senjata2 mutakhir kayak S (shotgun, tapi karena masih kecil suka di sebut senjata "sebar" karena pelurunya nyebar),L (laser (yg kalo di tahan bisa kayak light saber) F (fire yang lebih mirip bakso), M (machine gun, yang nampak kayak bakso warna merah) dan R (Rapid).Bos terakhir berupa otak sang alien, yang bersarang di dasar pulau, susah banget deh apalagi kalo main nya sambil koprol depan koprol belakang di jamin sussssaaaaaaaaaaaaahhhhhh..banggeeeetttttttt.

Untuk menamatkan game ini dengan 3 nyawa, adalah sangat susah, maka dari itu ada satu kode untuk menghadapinya
Nyawa 30 : Di layar judul tekan Up, Up, Down, Down, Left, Right, Left, Right, B, A, Start.Sekarang.... Serang alien2 itu!

4. EXCITE BIKE
Ini game paling gw suka waktu SD, game balap motor cross yang super keren dan mantep (jaman itu).
Kita bermain sebagai pembalap motor cross yg bakal menghadapi trek2 yang super duper ajaib dan aneh yang pasti semakin meningkat level, maka kesulitan pun makin bertambah.Hati2 Overheat, bila overheat motor mu akan ngadat, dan perlu di dinginkan, tapi untuk mengantisipasinya kita harus melintas di jalur yang bertanda >, maka mesin akan kembali dingin.Gak tamat, lama2 ngebosenin

5. TEENAGE MUTANT NINJA SERIES
4 kura-kura remaja yang dikenal sebagai kura-kura ninja di indonesia, sukses di dunia kartun, kini mereka merambah dunia game. 3 seri untuk NES dengan judul terakhir MANHATTAN PROJECT, menceritakan Shreeder dan foot clan ya berhasil mengangkat kota ke langit yang akan dijadikan sebagai markas, dengan bantuan teknologi alien. Leo, Raphael, Michael dan donatelo harus berjuang mengembalikan kota Manhattan dari tangan Shreeder.

kontrol game hampir sama dengan game TMN sebelumnya, seperti pencet A+B dimana kita bisa mengeluarkan jurus rahasia masing-masing karakter, tapi konsekwensinya health kita berkurang setiap melakukan jurus itu.

dan masih banyak lagi game lainya... mungkin lain kali saya ulas.
main game kadang bisa ampe lupa waktu ampe gak sadar diri, tau-tau pencetan rusak, yah ritual nya kabel digulung-gulung di pencetan, pas udah bisa gerak ... main lagi deh...

11 komentar:

  1. butul butul....

    dulu waktu belum punya nintendo, gw cuma nonton temen gw maen, tapi akhirnya gw dikasih kesempatan juga maen. dan ya betul! permainan yg gw mainin yah itu yang lo sebutin diatas...

    tapi melihat gw yang sering main diluar, akhirnya bonyok beliin gw nintendo juga...

    tapi nintendo gak lama, bergeser oleh SEGA...

    BalasHapus
  2. gw bisa beli tendo waktu gw sunatan. duitnya langsung abis karena gw beliin tendo plus catridge2nya.

    BalasHapus
  3. Game Favorit Di Kaset NES buat gue:
    -Legendary Wings
    -Captain America & The avengers
    -Battletoads & Double Dragon
    -The Punishers
    -Cosmic Epsilon
    kkkk

    BalasHapus
  4. Johnson Hon Kenari mengatakan
    Game Favorit Gue:
    -Legendary Wings
    -Battletoads & Double dragon
    -Captain America & The Avengers
    -The Punisher
    -Cosmic Epsilon

    BalasHapus
  5. Kira2 ada gak ya yg masih jual kaset2 nes ini.. :-D .. Rindu Masa2 ini..hehehe

    BalasHapus
  6. NES telah menorehkan kisah manis dalam hidupKu ..
    NES konsol game pertama yang saya kenal dan menjadikan saya seorang gamer ..
    Best of The Best ..
    Hehehe ...

    BalasHapus
  7. sumpah gan,ane jadi inget masa kecill,
    ane lebih kenal konsol ini dengan nama SPICA,,
    dulu kalo maen di tetangga depan rumah,,,
    game favotit ane CONTRA sama POPEYE,,,

    BalasHapus
  8. mantaps brader blognya, FYI kemaren saya baru beli nintendo, tp sayang wujudnya mirip skali dengan PS 1

    BalasHapus
  9. Mario Bros dan Duck Hunt jadi favorit saya.. satu lagi Bomber man yang bikin ketagihan main game.

    Kangennya masa-masa itu T___T

    BalasHapus
  10. konsol yg luar biasa awet,beli thn 1993,sampe skrg msh bagus,kadang dimainin kalo lagi kangen game nya

    BalasHapus
  11. Gue pingin beli tu NES, beli dimana ya gan?
    Hub gue 089526976818 (whats app)

    BalasHapus